Rabu – 12.00

SI PENDATAAN BARANG SWALAYAN
PRAKTIKUM 1
Hasil Identifikasi :
   1.      Sistem Kasir PT.Swalayan Pasti Jaya masih manual
   2.      Informasi barang belum terkoordinasi secara baik
   3.      Sistem kasir yang bergantian menyebabkan laporan keuangan yang rumit
   4.      Banyak barang yang kehabisan stok dan belum diorder ke suplier
Tim yang terlibat :
   1.      Ketua Proyek
   2.      Analis
   3.      Programer
   4.      Desainer
   5.      Pengelola database
   6.      Operator
   7.      Pengumpul data
Rencana Kerja Tim Pengembang sistem informasi pendataan barang swalayan :
Pengumpulan Data dan dokumen
: Lama waktu 3 hari
Analisis Kebutuhan Sistem
: Lama waktu 10 hari
Desain Pemodelam Proses
: Lama waktu 9 hari
Desain Pemodelam Data
: Lama waktu 11 hari
Desain User Interface
: Lama waktu 4 hari
Membuat basis data
: Lama waktu 4 hari
Membuat coding
: Lama waktu 30 hari
Evaluasi
: Lama waktu 3 hari
Dokumentasi
: Lama waktu 3 hari






PRAKTIKUM 2 (analisis)
Kebutuhan perangkat lunak :
1.      VB untuk interface
2.      M.Acces untuk basis data
3.      System operasi windows
4.      Power design

Kebutuhan perangkat keras :
1.      Computer
2.      Printer

Kebutuhan input :
1.      Stok barang
2.      Kadaluarsa barang
3.      Jenis barang
4.      Harga barang
Kebutuhan proses :
1.      Harga barang
2.      Info barang + kadaluarsa

Kebutuhan output :
1.      Laporan stok barang
2.      Laporan barang kedaluarsa
3.      Laporan harga barang
Kebutuhan user :
System informasi barang ini usernya adalah petugas pendataan barang yang akan menginputkan semua yang berkaitan dengan info barang.











PRAKTIKUM 3 (diagram konteks)





PRAKTIKUM 4 (DFD lev 1)







PRAKTIKUM 5
DAD Level 1

DAD Level 2 proses 1



DAD Level 2 proses 2





PRAKTIKUM 6
Sistem Taman Bacaan
Konteks Diagram





DFD level 1


Dfd level 2  Proses 1


Proses 2


Proses 3

                                                                                                                             


PRAKTIKUM 7 & 8  (erd+mapping table) 







PRAKTIKUM 9 & 10 (implementasi sistem dengan GUI)

Menu utama. Tedapat beberapa menu file, transaksi , laporan dan bantuan. Pada File terdapat sub menu untuk mendapata petugas ,suplier dan barang. Pada menu transaksi terdapat submenu untuk mendata penjualan, orderan dan stok barang.

Form untuk menginputkan data petugas ,data suplier dan data barang. Terdapat button cari untuk mencari data petugas , suplier , dan barang. Terdapat juga button Tambah dan hapus untuk meninputkan data dan menghapus data.


Form untuk menginputkan data penjualan ,data order dan data stok barang. Terdapat button ok untuk menginputan data yang diisi.
Form untuk melihat laporan dari suatu waktu ke waktu. Terdiri dari laporan penjualan, laporan barang , dan laporan pengorderan. Terdapat button lihat untuk melihat laporan jual , barang dan order.