v
SEJARAH INTERNET
Internet dapat
diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu
menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh
dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai
yang statis hingga yang dinamis dan interaktif.
Berikut sejarah kemunculan dan perkembangan internet :
Sejarah
intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense
Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset
tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk
jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970,
sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga
mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun
1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan
setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga
langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan
sebagai lambang penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan
komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer
University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar
Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang
ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan
yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini
dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari
bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris
berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di
Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di
ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim
Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama
USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan
telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan
dengan video link.
Karena
komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka dibutuhkan
sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 dibentuk
Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita
kenal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang
dikenal dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara
Belanda, Inggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail
dan newsgroup USENET.
Untuk
menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984
diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain
Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi
1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan
melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun
1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC
atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling
berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari
100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang
paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser
yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang
membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web. Tahun
1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta
komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun
1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk
pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia
langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus
kelahiran Netscape Navigator 1.0.
Manfaat
internet
Secara
umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses
ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet: 1.
Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan
pribadi, rohani, sosial. 2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja
:sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi
profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Satu hal
yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara,
ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat
menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang
sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap
anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi
atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu. Untuk lebih meningkatkan
kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional
Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat
informasi dunia.
v SEJARAH NETWORK
Pada tahun
1970 dan awal 1980,jaringan hanya merupakan suatu teka-teki yang ingin dijawab
oleh kalangan akademis. Dan pada tahun 1988,jaringan telah digunakan dalam
suatu universitas dan beberapa perusahaan besar. Pada awal 1990-an,jaringan
mulai memberikan layanannya kepada perorangan dirumah-rumah Pada tahun
1996,jaringan, telah menjadi realita sehari-hari dari seluruh masyarakat.
Pada tahun
1970 dan awal 1980 sampai tahun 1988 masih menggunakan komputer mainframe untuk
sarana penyimpanan data dengan kecepatannya yang sepuluh kali lipat daripada
komputer pribadi dengan harga dan sepuluh kali lipat lebih mahal daripada
komputer pribadi.
Menanggapi
semakin tingginya perkembangannya maka diciptakan sebuah teknologi untuk
mengatasinya . Maka dibuatlah sebuah koneksi antar komputer yang nantinya bernama Network.
PENGENALAN NETWORK
Network(jaringan) memiliki
beberapa definisi. Dari berbagai sumber yang sudah saya kumpulkan network
adalah :
1. Jaringan
computer adalah sejumlah computer yang terpisah dan saling berhubungan satu
dengan yang lain untuk melakukan
tugas-tugasnya.
2. Dua
computer dikatakan saling terkoneksi apabila computer – computer tersebut dapat
saling bertukar informasi.
3. Jaringan
computer merupakan perpaduan antara teknologi computer dan teknologi
komunikasi.
Alasan diadakannya
jaringan computer :
§
Menghubungkan
unit – unit computer yang terpisah agar dapat saling bertukar informasi.
§
Memakai
bersama resource/sumber daya dan peralatan – peralatan pada sistem computer
(misal : file, database, printer, akses internet, high capacity storage, dan
lain – lain).
§
Integrasi
system informasi sehingga antara sub system dapat terkoneksi.
§
Meningkatkan
distribusi dan kemampuan akses
§
Meningkatkan
sistem keamanan, baik terhadap kerusakan data (disaster recoveri) maupun pihak
– pihak yang tidak berwenang.
§
Untuk
penelitian dan pengembangan.
v Sejarah dan Seluk Beluk Surat Elektronik/Email
MENURUT data dari situs www.royal.pingdom.com,
saat ini diperkirakan ada sekitar 1,3 miliar pengguna surat elektronik atau
yang lebih populer disebut dengan email di seluruh dunia. Para penggunanya pun
bervariasi mulai dari anak sekolahan, mahasiswa, profesor, pembantu rumah
tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar, pengusaha, menteri
sampai presiden.
Di
antara sekian banyak penggunanya, mungkin masih banyak yang belum mengetahui sejak
kapan email digunakan dan siapa orang pertama yang menciptakannya. Berikut akan
dipaparkan sepintas sejarah awal terciptanya email beserta seluk beluknya. Semuanya bermula pada tahun 1968 di
sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini
dikontrak oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut
ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan
dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan
sebuah metode komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama
lain.
Pada
tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang
disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, karena sebenarnya
program tersebut sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini,
program tersebut bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dilakukan program
tersebut hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama dapat saling
mengirim pesan satu sama lain. Pengguna dapat membuat dokumen teks yang
kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.
Awalnya
Ray bereksperimen dengan sebuah program yang bernama SNDMSG yang bisa digunakan
untuk meninggalkan pesan pada sebuah komputer, sehingga orang lain yang memakai
komputer itu dapat membaca pesan yang ditinggalkan. Lalu ia melanjutkan
eksperimennya dengan menggunakan file protocol yang bernama CYPNET sehingga
program SNDMSG tadi bisa mengirim pesan ke komputer lain yang berada di dalam
jaringan ARPAnet. Itulah awal terciptanya sebuah 'e-mail'. Pesan e-mail yang
pertama kali dikirim Ray, dan merupakan e-mail yang pertama di dunia adalah
"QWERTYUIOP".
Pada
tahun 1972, Ray mengenalkan icon ' @ ' sebagai identitas e-mail untuk memisah
user id dan domain sebuah alamat e-mail, yang berarti "at" atau
"pada".
Salah
satu program email pertama yang terbesar yang dapat digunakan oleh umum adalah
Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada
saat itu ia adalah seorang karyawan di University of Illinois.
Eudora
diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora
adalah client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada saat
pertama muncul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh
Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.
Seperti
aplikasi lain dalam web, Eudora adalah raja selama beberapa tahun, kemudian
dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer.
Kedua client email tersebut menjadi popular tidak hanya karena mereka lebih
baik dari Eudora, tapi juga karena mereka disediakan secara cuma-cuma dengan
web browser.
Komponen Email
Sebuah
alamat email terdiri atas dua bagian, yaitu di sebelah kiri tanda @ disebut
user id, yang menunjukkan identitas pemilik e-mail tersebut. User id ini dapat
berupa nama pemilik, singkatan nama, nickname, nomor, atau apapun juga.
Sedangkan teks setelah lambang @ (contoh: ymail.com) disebut domain
name/hostname, yang menunjukkan identitas domain tempat e-mail (mail server)
tersebut disimpan.
Jenis Email
Ada
3 jenis layanan E-mail, yaitu : POP mail, E-mail Forwarding dan E-mail berbasis
web, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan.
a. Pop Mail
E-mail
jenis ini sama dengan email yang anda terima dari ISP anda.
Kelebihannya :
•
Kemampuan untuk dibaca secara offline (tidak perlu connect ke internet) untuk
mengecek email, anda perlu connect ke server POP mail anda, lalu mendownload
seluruh email yang ada, setelah itu anda bisa memutuskan hubungan dengan
internet dan membaca email.
Kekurangannya:
Kekurangannya:
•
Anda tidak bisa mengecek email anda di sembarang tempat.
b. Web Based Mail
Email
jenis ini merupakan email yang ditawarkan oleh berbagai situs/web.
Kelebihannya:
•
Anda bisa mencek email anda dari mana saja
Kekurangannya
:
•
Untuk mengecek email anda harus selalau terhubung ke internet.
c. Email Forwardin
Kelebihannya
:
•
Anda bisa menyembunyikan alamat email yang sesungguhnya, selain itu tidak perlu
memberi tahu email anda yang baru.
Metode Pengiriman
Untuk
mengirim email kita memerlukan suatu program mail-client. Email yang kita kirim
akan melalui beberapa poin sebelum sampai di tujuan
Mengakses Email
Email pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya
bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan
diberikan satu email gratis. Email yang diterima akan disimpan di server surat
elektronik ISP.
Menggunakan
'browser', seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Metode ini disebut
sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke
kotak email. Contoh: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna
haruslah dalam keadaan online. Layanan email berbasis web biasanya disediakan
oleh penyelenggara layanan email gratis.
Menggunakan program pengakses email (e-mail client), seperti:
Eudora Mail, Outlook Express, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan
program seperti ini, seseorang harus mengetahui konfigurasi yang bisa didapat
dari ISP. Keuntungannya adalah dapat membaca email tanpa perlu terhubung secara
terus-menerus dengan internet dan puluhan bahkan ratusan email dapat diterima
dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya adalah
perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email
secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet dapat dihemat.
Etika penggunaan email
Etika dalam email sama dengan etika dalam menulis surat biasa. Ada
email yang isinya formal ada yang informal. Beberapa poin penting:
Jangan
mengirim email dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 1
mb). Tidak semua orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan
lampiran tersebut melebihi kapasitas email penerima, sehingga akan ditolak
mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia email
juga menerapkan batasan tentang jumlah, jenis, dan ukuran email yang dapat
diterima (dan dikirim) penggunanya.
Jangan
mengirim lanjut (forward) email tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.
Selalu isi kolom subjek, jangan dibiarkan
kosong.
Jangan
menggunakan huruf kapital karena dapat menimbulkan kesan anda BERTERIAK.
Dan tentu saja, gunakan
kata-kata dengan santun:). Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan
berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.
Keamanan
Keamanan data di email tidaklah terjamin dan selalu ada resiko
terbuka untuk umum, dalam artian semua isinya dapat dibaca oleh orang lain. Hal
ini disebabkan oleh karena email itu akan melewati banyak server sebelum sampai
di tujuan. Tidak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap email yang
dikirimkan tersebut.
Email dapat diamankan dengan melakukan teknik pengacakan
(enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer adalah PGP (Pretty Good
Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang
tertuju dapat mendekripsi dan membaca email tersebut. Kerugiannya adalah
membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya harus memiliki
program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima, dan
melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut).
Perkembangan Email
Mulai tahun 1980-an email sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum,
baik itu email gratisan maupun yang berbayar. Saat ini banyak email berbasis
web yang diberikan secara cuma-cuma oleh Telkom, Yahoo!, Google, MSN, dll. Kapasitasnya pun bervariasi mulai dari 100 mb
sampai yang tak terbatas.
Akibatnya, kini banyak perusahaan pos di berbagai negara menurun
penghasilannya karena masyarakat lebih memilih email sebagai media penyampai
pesannya.
0 komentar:
Post a Comment