Sharing koneksi jaringan Wi-Fi pada Laptop berbasis Windows 8 dapat dilakukan tanpa harus menginstal software lain seperti Connectify atau WiFi HotSpot Creator.
Karena Windows 8 telah memiliki fitur untuk sharing melalui Wi-Fi. Namun tidak seperti halnya Windows 7 yang memiliki fitur sharing Wi-Fi via ad hoc network. Anda bisa memanfaatkan netsh utility pada Windows 8 untuk membuat area hotspot dari laptop. Berikut cara yang dilakukan untuk membuat hotspot dari laptop berbasis Windows 8 tanpa perlu menginstal software :

 1. Buka command promt yang berjalan sebagai administrator, yaitu dengan ketik cmd pada kolom Search - klik kanan icon cmd - pilih Run as administrator.

 2. Setelah jendela command promt muncul ketik : netsh wlan set hostednetwork mode=allow ssid=SmartNet key=abcde12345 kemudian tekan Enter. - SmartNet adalah nama network, anda bisa memberi nama lain. - abcde123 adalah password dan anda dapat mengganti sesuai selera.

 3. Lanjutkan dengan mengetik : netsh wlan start hostednetwork maka pada command promt terlihat notifikasi The hosted network started yang menandakan network telah siap.



 4. Buka Control Panel - All Control Panel Items - Network and Sharing Center.



 5. Klik Change adapter settings maka akan terlihat semua Network Connections. termasuk SmartNet (Local Area Connection 13).

 6. Klik kanan koneksi yang menghubungkan kita dengan Internet yaitu Ethernet pilih Properties.

 7. Akan keluar jendela Ethernet Properties - klik tab Sharing - kemudian centang Allow other network users to connect through this computers Internet connection

 8. Pada menu drop down Home networking connection, pilihlah : Local Area Connections 13 - klik OK.

 Demikianlah cara yang harus dilakukan dalam membuat area hotspot dari laptop anda yang menggunakan sistem operasi Windows 8.
 Ajak teman untuk gabung bersama dalam jaringan hotspot yang telah anda setting.